uniba.ac.id
uniba.ac.id supawi-pawenang.blogspot.com
HALAMAN COVER ...................................................................................... i
KATA PENGANTAR ...................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
uniba.ac.id supawi-pawenang.blogspot.com
TUGAS EKONOMI MANAJERIAL
“STRATEGI PEMASARAN”
Disusun Oleh :
CINDI NOVIAN (2015020123)
FAKULTAS EKONOMI
MANAJEMEN
UNIVERSITAS
ISLAM BATIK SURAKARTA
2017
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur marilah kita
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan
rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam cipataan-Nya.
Sholawat dan salam tetaplah kita curahkan kepada baginda Habibillah Muhammad
SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama
yang sempurnanya dengan bahasa yang sangat indah.
Penulis disini akhirnya dapat merasa
sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah strategi pemsaran sebagai
tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial sebagai syarat mengikuti Ujian Tengah
Semester. Dalam makalah ini, dijelaskan mengenai strategi pemasaran yang
dilakukan oleh perusahaan properti Agung Podhomoro untuk menjual produknya
dalam jumlah yang banyak dengan harga jual yang tinggi.
Dan penulis memahami jika miniriset
ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuhkan
guna memperbaiki karya-karya penulis dilain waktu.
Surakarta, Oktober 2017
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN COVER ...................................................................................... i
KATA PENGANTAR ...................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang ....................................................................................... 1
- Rumusan Masalah .................................................................................. 2
- Tujuan Penulisan .................................................................................... 2
- Konsep Pemasaran Perusahaan Agung Podhomoro................................ 3
- Strategi Pemasaran ................................................................................. 4
BAB III PENUTUP
- KESIMPULAN ........................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bisnis
properti merupakan bisnis yang mengacu pada tanah atau bangunan yang berdiri
diatasnya. Selain sebagi tabungan atau investasi properti yang anda miliki juga
bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Di Indonesia, bisnis
properti sendiri merupakan bisnis yang menjanjikan. Karena bisnis ini merupakan
salah satu dari kebutuhan manusia. Jadi keberadaan bisnis properti ini sangat
dibutuhkan bagi masyarakat luas. Melihat pertumbuhan penduduk yang semakin
meningkat, bisnis ini pun akan terus berkembang karena semakin banyak
masyarakat yang akan membutuhkan properti (rumah atau tanah). Maka dari itu,
bisnis ini memiliki masa depan yang bagus.
Dengan
tingginya keuntungan yang di dapat dari bisnis properti ini, maka
perusahaan-perusahaan properti pun semakin banyak. Dari yang kelas rendah
sampai kelas atas. Bisnis ini juga memiliki pangsa pasar yang berbeda-beda.
Tentunya sesuai dengan produk yang ditawarkan. Persaingan pasar juga sangat ketat, mengingat
bisnis ini bisa dilakukan siapa saja dengan target pasar siapa saja. Seperti
contoh perusahaan properti di Indonesia, yaitu Agung Podhomoro. Perusahaan
tersebut memiliki produk bermacam-macam, dari produk yang premium hingga yang
ekslusif. Namun , di pasar Indonesia sendiri pesaing-pesaing nya sudah sangat
banyak. Agar bisa menjadi leadership
market secara terus menerus, maka perusahaan Agung Podhomoro tersebut harus
bisa menjual produk dengan kualitas yang tinggi dan menjual dengan harga yang
sesuai. Supaya masyarakat luas bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan.
B.
Rumusan
Masalah
Dari
penjelasan latar belakang di atas, ada seuatu hal yang perlu di bahas agar
perusahaan property bisa mendapatkan keuntungan yang besar, yaitu :
“ Bagaimana cara agar perusahaan property bisa
menjual produk dengan harga tinggi dan jumlah yang banyak ?”
C.
Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk
mendiskripsikan tentang cara perusahaan agar bisa menjual barang dengan jumlah
yang banyak dan dengan harga yang tinggi.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Konsep
Pemasaran Perusahaan Agung Podhomoro
Dalam
melaksanakan kegiatan pemasaran, ada 5 hal yang menjadi inti dari kegiatan
pemasaran, yaitu :
a. Pasar
Dalam
melakukan kegiatan pemasaran, yang pertama adalah harus ada pasar yang di tuju.
Produk yang akan dibuat atau dijual harus terarah, target pasar harus jelas.
Perusahaan Agung Podhomoro memiliki target pasar yang terarah, yaitu masyarakat
kelas menengah ke atas. Untuk masyarakat kelas menengah, maka akan di tawarkan
produk properti yang sesuai dengan apa yang di butuhkan dan tingkat daya beli
yang dimiliki. Begitu juga dengan masyarakat kelas atas, produk yang di
tawarkan juga akan berbeda dengan yang ditawarkan kepada masyarakat tingkat
menengah. Jadi pasar itu harus ada, target pasar harus jelas dan terarah agar
kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan baik.
b. Pemasar
Pemasar
atau sales sangat diperlukan dalam kegiatan pemasaran. Pemilihan SDM Marketing
juga sangat diperlukan. Karena dengan adanya SDM marketing atau pemasar yang
hebat, maka kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan baik. Karena SDM Marketing
yang berkompeten bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan signifikan dan tepat
pada target pasar yang dituju.
c. Pola
Pemasaran
Kegiatan
pemasaran harus memiliki tujuan yang jelas. Untuk itu pola pemasaran yang
digunakan juga harus jelas. Agar kegiatan pemasaran bisa berjalan lancar,
setidaknya Pola pemasaran yang dibuat tidak salah arah dan tidak melenceng dari
target pasar yang ditentukan. Pola ini digunakan pemasar sebagai rangkaian dari
kegiatan pemasaran agar tidak salah dari target pasar.
d. Pesaing
Pesaing
harus ada dalam kegiatan pemasaran. Jika pesaing tidak ada, maka kegiatan
pemasaran tersebut kurang menarik, karena dengan adanya pesaing, maka
perusahaan akan terus menemukan cara atau strategi-strategi pemasaran yang baru
agar kegiatan pemasaran tetap berjalan dengan lancar. Apabila pesaing dari
perusahaan itu tidak ada, maka perusahaan tersebut tidak akan berkembang.
e. Produk
Hal
yang wajib ada dalam kegiatan pemasaran adalah produk. Produk dari perusahaan
Agung Podhomoro adalah perumahan premium, perumahan elit, dan apartemen.
Produk-produk tersebut di pasarkan sesuai dengan target pasar masing-masing
produk. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan target pasar.
B.
Strategi
Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan
Perusahaan Agung Podhomoro agar bisa menjual produk dengan jumlah yang banyak
pada harga jual produk yang tinggi memiliki beberapa elemen, sebagai berikut :
a. Identifikasi
Identifikasi
yang dilakukan adalah identifikasi mengenai :
-
Daya beli
Tingkat
daya beli masyarakat atau tingkat pendapatan masyarakat sangat menentukan
strategi pemasaran Perusahaan properti ini. Jika Daya beli suatu masyarakat
tinggi, maka kegiatan pemasaran akan berjalan dengan baik. Namun jika daya beli
masyarakat nya lemah, maka produk yang dijual atau kegiatan pemasaran tidak
akan berjalan dengan lancar. Begitu juga di Perusahaan Agung Podhomoro, Daya
beli masyarakat di suatu wilayah menentukan produk properti akan di buat atau
tidak.
-
Permintaan
Permintaan
konsumen terhadap suatu produk juga mempengaruhi strategi pemasaran yang akan
dilakukan. Jika suatu wilayah permintaan konsumen akan suatu produk itu tinggi,
maka kegiatan pemasaran akan berjalan lancar. Perusahaan Agung Podhomoro juga
mengidentifikasi permintaan konsumen. Apakah permintaan konsumen terhadap
produk properti di suatu daerah tersebut ada atau tidak. Jika ada, permintaan
seperti apa, maka produk yang dibuat dan di pasarkan adalah produk yang sesuai
dengan permintaan konsumen.
-
Karakteristik produk
Karakteristik
produk yang dipasarkan harus di identifikasi terlebih dahulu. Produk yang
menarik dan sesuai dengan permintaan konsumen adalah produk yang baik.
Perusahaan Agung Podhomoro membuat produk properti dengan bermacam-macam
desain. Desain tersebut dibuat sesuai dengan model yang sedang ada , dan juga
sesuai dengan permintaan konsumen yang ada. Dengan demikian, produk dapat
diminati oleh konsumen-konsumen.
b. Penerapan
-
Pendekatan penjualan
Pendekatan
penjualan dilakukan dengan cara menawarkan produk kepada konsumen secara spesifik.
Hal tersebut dilakukan agar konsumen bisa tertarik dengan produk yang
ditawarkan.
-
Pembauran
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat
dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri
dari “empat P” yaitu:
a.
Produk (product) , kombinasi
barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar
sasaran meliputi : ragam, kualitas, desain. fitur, nama merek, dan
kemasan ;
b.
Harga (price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh
produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode pembayaran, dan
persyaratan kredit ;
c.
Tempat (place),
kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi
pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan,
transportasi dan logistik ;
d.
Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan
membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
Program pemasaran yang efektif harus dapat memadukan
semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi
yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan
nilai bagi konsumen.
-
Penyampaian produk
Penyampaian
produk kepada konsumen harus dilakukan dengan hati-hati, agar tidak ada
kesalahan yang terjadi. Pada perusahaan Agung Podhomoro, saat melakukan
transaksi jual beli harus dipastikan apakah konsumen sudah bersedia dengan
syarat-syarat yang ditentukan dari pihak perusahaan atau tidak. Jika
menggunakan sistem kredit, maka konsumen harus menepati perjanjian-perjanjian
yang sudah dibuat.
c. Pemeliharaan
-
Pencitraan
Menjaga
citra produk dan perusahaan sangat perlu dilakukan. Dengan menjaga citra produk
dan perusahaan, maka tingkat loyalti konsumen akan tetap terjaga, bahkan
meningkat.
-
Karakteristik nilai
Nilai
dari suatu produk atau kualitas dari suatu produk harus tetap dijaga. Untuk
menjaga kepercayaan konsumen, maka kualitas produk juga harus dijaga. Karena
jika sedikit saja kualitas produk di kurang i, ,maka tingkat kepercayaan
konsumen juga turun. Hal itu bisa menyebabkan profit yang di peroleh juga
turun.
Identifikasi dilakukan
agar penerapan terhadap strategi pemasaran bisa dilakukan dengan tepat. Jika
penerapan strategi pemasaran sudah dilakukan dengan tepat, dan sudah
mendapatkan kepercayaan dari konsumen, maka perlu dilakukan pemeliharaan.
Pemeliharaan dilakukan agar konsumen bisa terus memiliki kepercayaan terhadap
perusahaan.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Perusahaan
Agung Podhomoro bisa menjual produk properti (apartemen) dalam jumlah yang
banyak dan dengan harga yang tinggi, dengan cara :
a. Melakukan
identifikasi terhadap tingkat daya beli konsumen, permintaan konsumen, dan
desain produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. Jika Apartemen yang di
tawarkan sesuai dengan daya beli konsumen, sesuai dengan permintaan konsumen,
sesuai dengan desain yang diinginkan, maka Agung Podhomoro bisa menjual produk .
b. Selanjutnya
dengan melakukan penerapan strategi pemasaran sesuai dengan hasil identifikasi.
Agung Podhomoro bisa menetapkan apartemen akan dibangun dimana, dengan desain
seperti apa, dan dengan harga berapa. Selanjutnya melakukan kegiatan promosi.
Jika hal ini bisa berjalan dengan baik, maka Agung Podhomoro bisa menjual
apartemen dengan harga yang tinggi.
c. Yang
terakhir adalah pemeliharaan. Yaitu dengan menjaga citra perusahaan, tidak
melakukan kesalahan hukum. Dan dengan meningkatkan nilai dari suatu produk.
Jika citra yang dimiliki Agung Podhomoro bagus, dan nilai guna dari produk
tersebut bagus, maka konsumen akan loyal kepada Agung Podhomoro, dan konsumen
juga akan terus meningkat. Hal ini menyebabkan Agung Podhomoro bisa menjual
Apartement dalam jumlah yang banyak walaupun dengan harga yang tinggi.
DAFTAR
PUSTAKA
https://toplintas.com/pengrtian-bisnis-properti/
di akses pada tanggal 25 Oktober 2017 pada pukul 17.12 WIB
https://www.kembar.pro/2015/07/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran.html
di akses pada tanggal 28 Oktober 2017 pada pukul 20.01 WIB
https://zakysulaiman.wordpress.com/2009/09/06/strategi-pemasaran-pola-pemasaran-yang-paling-efektif
diakses pada tanggal 28 Oktober pada pukul 20.34 WIB
Komentar
Posting Komentar