Langsung ke konten utama

MAKALAH STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN PROPERTY

uniba.ac.id
 uniba.ac.id supawi-pawenang.blogspot.com
TUGAS EKONOMI MANAJERIAL

“STRATEGI PEMASARAN”



Disusun Oleh :
CINDI NOVIAN         (2015020123)


FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN
UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA
2017



 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam cipataan-Nya. Sholawat dan salam tetaplah kita curahkan kepada baginda Habibillah Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama yang sempurnanya dengan bahasa yang sangat indah.
Penulis disini akhirnya dapat merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah strategi pemsaran sebagai tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial sebagai syarat mengikuti Ujian Tengah Semester. Dalam makalah ini, dijelaskan mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan properti Agung Podhomoro untuk menjual produknya dalam jumlah yang banyak dengan harga jual yang tinggi.
Dan penulis memahami jika miniriset ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya-karya penulis dilain waktu.

Surakarta,  Oktober 2017

   Penulis

DAFTAR ISI





HALAMAN COVER ...................................................................................... i

KATA PENGANTAR ...................................................................................... ii

DAFTAR ISI .................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang ....................................................................................... 1
  2. Rumusan Masalah .................................................................................. 2
  3. Tujuan Penulisan .................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
  1. Konsep Pemasaran Perusahaan Agung Podhomoro................................ 3 
  2. Strategi Pemasaran ................................................................................. 4
BAB III PENUTUP
  1. KESIMPULAN ........................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Bisnis properti merupakan bisnis yang mengacu pada tanah atau bangunan yang berdiri diatasnya. Selain sebagi tabungan atau investasi properti yang anda miliki juga bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Di Indonesia, bisnis properti sendiri merupakan bisnis yang menjanjikan. Karena bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan manusia. Jadi keberadaan bisnis properti ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat luas. Melihat pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, bisnis ini pun akan terus berkembang karena semakin banyak masyarakat yang akan membutuhkan properti (rumah atau tanah). Maka dari itu, bisnis ini memiliki masa depan yang bagus.
Dengan tingginya keuntungan yang di dapat dari bisnis properti ini, maka perusahaan-perusahaan properti pun semakin banyak. Dari yang kelas rendah sampai kelas atas. Bisnis ini juga memiliki pangsa pasar yang berbeda-beda. Tentunya sesuai dengan produk yang ditawarkan.  Persaingan pasar juga sangat ketat, mengingat bisnis ini bisa dilakukan siapa saja dengan target pasar siapa saja. Seperti contoh perusahaan properti di Indonesia, yaitu Agung Podhomoro. Perusahaan tersebut memiliki produk bermacam-macam, dari produk yang premium hingga yang ekslusif. Namun , di pasar Indonesia sendiri pesaing-pesaing nya sudah sangat banyak. Agar bisa menjadi leadership market secara terus menerus, maka perusahaan Agung Podhomoro tersebut harus bisa menjual produk dengan kualitas yang tinggi dan menjual dengan harga yang sesuai. Supaya masyarakat luas bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan.

B.     Rumusan Masalah
Dari penjelasan latar belakang di atas, ada seuatu hal yang perlu di bahas agar perusahaan property bisa mendapatkan keuntungan yang besar, yaitu :
 “ Bagaimana cara agar perusahaan property bisa menjual produk dengan harga tinggi dan jumlah yang banyak ?”

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mendiskripsikan tentang cara perusahaan agar bisa menjual barang dengan jumlah yang banyak dan dengan harga yang tinggi.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Konsep Pemasaran Perusahaan Agung Podhomoro
Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, ada 5 hal yang menjadi inti dari kegiatan pemasaran, yaitu :
a.       Pasar
Dalam melakukan kegiatan pemasaran, yang pertama adalah harus ada pasar yang di tuju. Produk yang akan dibuat atau dijual harus terarah, target pasar harus jelas. Perusahaan Agung Podhomoro memiliki target pasar yang terarah, yaitu masyarakat kelas menengah ke atas. Untuk masyarakat kelas menengah, maka akan di tawarkan produk properti yang sesuai dengan apa yang di butuhkan dan tingkat daya beli yang dimiliki. Begitu juga dengan masyarakat kelas atas, produk yang di tawarkan juga akan berbeda dengan yang ditawarkan kepada masyarakat tingkat menengah. Jadi pasar itu harus ada, target pasar harus jelas dan terarah agar kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan baik.
b.      Pemasar
Pemasar atau sales sangat diperlukan dalam kegiatan pemasaran. Pemilihan SDM Marketing juga sangat diperlukan. Karena dengan adanya SDM marketing atau pemasar yang hebat, maka kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan baik. Karena SDM Marketing yang berkompeten bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan signifikan dan tepat pada target pasar yang dituju.
c.       Pola Pemasaran
Kegiatan pemasaran harus memiliki tujuan yang jelas. Untuk itu pola pemasaran yang digunakan juga harus jelas. Agar kegiatan pemasaran bisa berjalan lancar, setidaknya Pola pemasaran yang dibuat tidak salah arah dan tidak melenceng dari target pasar yang ditentukan. Pola ini digunakan pemasar sebagai rangkaian dari kegiatan pemasaran agar tidak salah dari target pasar.
d.      Pesaing
Pesaing harus ada dalam kegiatan pemasaran. Jika pesaing tidak ada, maka kegiatan pemasaran tersebut kurang menarik, karena dengan adanya pesaing, maka perusahaan akan terus menemukan cara atau strategi-strategi pemasaran yang baru agar kegiatan pemasaran tetap berjalan dengan lancar. Apabila pesaing dari perusahaan itu tidak ada, maka perusahaan tersebut tidak akan berkembang.
e.       Produk
Hal yang wajib ada dalam kegiatan pemasaran adalah produk. Produk dari perusahaan Agung Podhomoro adalah perumahan premium, perumahan elit, dan apartemen. Produk-produk tersebut di pasarkan sesuai dengan target pasar masing-masing produk. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan target pasar.

B.     Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan Perusahaan Agung Podhomoro agar bisa menjual produk dengan jumlah yang banyak pada harga jual produk yang tinggi memiliki beberapa elemen, sebagai berikut :
a.       Identifikasi
Identifikasi yang dilakukan adalah identifikasi mengenai :
-          Daya beli
Tingkat daya beli masyarakat atau tingkat pendapatan masyarakat sangat menentukan strategi pemasaran Perusahaan properti ini. Jika Daya beli suatu masyarakat tinggi, maka kegiatan pemasaran akan berjalan dengan baik. Namun jika daya beli masyarakat nya lemah, maka produk yang dijual atau kegiatan pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar. Begitu juga di Perusahaan Agung Podhomoro, Daya beli masyarakat di suatu wilayah menentukan produk properti akan di buat atau tidak.
-          Permintaan
Permintaan konsumen terhadap suatu produk juga mempengaruhi strategi pemasaran yang akan dilakukan. Jika suatu wilayah permintaan konsumen akan suatu produk itu tinggi, maka kegiatan pemasaran akan berjalan lancar. Perusahaan Agung Podhomoro juga mengidentifikasi permintaan konsumen. Apakah permintaan konsumen terhadap produk properti di suatu daerah tersebut ada atau tidak. Jika ada, permintaan seperti apa, maka produk yang dibuat dan di pasarkan adalah produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.
-          Karakteristik produk
Karakteristik produk yang dipasarkan harus di identifikasi terlebih dahulu. Produk yang menarik dan sesuai dengan permintaan konsumen adalah produk yang baik. Perusahaan Agung Podhomoro membuat produk properti dengan bermacam-macam desain. Desain tersebut dibuat sesuai dengan model yang sedang ada , dan juga sesuai dengan permintaan konsumen yang ada. Dengan demikian, produk dapat diminati oleh konsumen-konsumen.
b.      Penerapan
-          Pendekatan penjualan
Pendekatan penjualan dilakukan dengan cara menawarkan produk kepada konsumen secara spesifik. Hal tersebut dilakukan agar konsumen bisa tertarik dengan produk yang ditawarkan.
-          Pembauran
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “empat P” yaitu:
a.      Produk (product) , kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran meliputi : ragam, kualitas, desain. fitur, nama merek,  dan kemasan ;
b.      Harga (price), adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk meliputi: daftar harga, diskon potongan harga, periode pembayaran, dan persyaratan kredit ;
c.      Tempat (place), kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran meliputi: Lokasi, saluran distribusi, persediaan, transportasi dan logistik ;
d.      Promosi (promotion) berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan membelinya meliputi : Iklan dan promosi penjualan.
Program pemasaran yang efektif harus dapat memadukan semua elemen bauran pemasaran ke dalam suatu program pemasaran terintegrasi yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan menghantarkan nilai bagi konsumen.
-          Penyampaian produk
Penyampaian produk kepada konsumen harus dilakukan dengan hati-hati, agar tidak ada kesalahan yang terjadi. Pada perusahaan Agung Podhomoro, saat melakukan transaksi jual beli harus dipastikan apakah konsumen sudah bersedia dengan syarat-syarat yang ditentukan dari pihak perusahaan atau tidak. Jika menggunakan sistem kredit, maka konsumen harus menepati perjanjian-perjanjian yang sudah dibuat.
c.       Pemeliharaan
-          Pencitraan
Menjaga citra produk dan perusahaan sangat perlu dilakukan. Dengan menjaga citra produk dan perusahaan, maka tingkat loyalti konsumen akan tetap terjaga, bahkan meningkat.
-          Karakteristik nilai
Nilai dari suatu produk atau kualitas dari suatu produk harus tetap dijaga. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, maka kualitas produk juga harus dijaga. Karena jika sedikit saja kualitas produk di kurang i, ,maka tingkat kepercayaan konsumen juga turun. Hal itu bisa menyebabkan profit yang di peroleh juga turun.
Identifikasi dilakukan agar penerapan terhadap strategi pemasaran bisa dilakukan dengan tepat. Jika penerapan strategi pemasaran sudah dilakukan dengan tepat, dan sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen, maka perlu dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaan dilakukan agar konsumen bisa terus memiliki kepercayaan terhadap perusahaan.



BAB III
PENUTUP

            KESIMPULAN
                        Perusahaan Agung Podhomoro bisa menjual produk properti (apartemen) dalam jumlah yang banyak dan dengan harga yang tinggi, dengan cara :
a.       Melakukan identifikasi terhadap tingkat daya beli konsumen, permintaan konsumen, dan desain produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. Jika Apartemen yang di tawarkan sesuai dengan daya beli konsumen, sesuai dengan permintaan konsumen, sesuai dengan desain yang diinginkan, maka Agung Podhomoro bisa menjual produk .
b.      Selanjutnya dengan melakukan penerapan strategi pemasaran sesuai dengan hasil identifikasi. Agung Podhomoro bisa menetapkan apartemen akan dibangun dimana, dengan desain seperti apa, dan dengan harga berapa. Selanjutnya melakukan kegiatan promosi. Jika hal ini bisa berjalan dengan baik, maka Agung Podhomoro bisa menjual apartemen dengan harga yang tinggi.
c.       Yang terakhir adalah pemeliharaan. Yaitu dengan menjaga citra perusahaan, tidak melakukan kesalahan hukum. Dan dengan meningkatkan nilai dari suatu produk. Jika citra yang dimiliki Agung Podhomoro bagus, dan nilai guna dari produk tersebut bagus, maka konsumen akan loyal kepada Agung Podhomoro, dan konsumen juga akan terus meningkat. Hal ini menyebabkan Agung Podhomoro bisa menjual Apartement dalam jumlah yang banyak walaupun dengan harga yang tinggi.





DAFTAR PUSTAKA

https://toplintas.com/pengrtian-bisnis-properti/ di akses pada tanggal 25 Oktober 2017 pada pukul 17.12 WIB
https://www.kembar.pro/2015/07/strategi-pemasaran-dan-bauran-pemasaran.html di akses pada tanggal 28 Oktober 2017 pada pukul 20.01 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KINERJA MANAJERIAL

TUGAS EKONOMI MANAJERIAL “KINERJA MANAJERIAL” Disusun Oleh : CINDI NOVIAN         (2015020123) FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA 2017 KATA PENGANTAR Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam cipataan-Nya. Sholawat dan salam tetaplah kita curahkan kepada baginda Habibillah Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama yang sempurnanya dengan bahasa yang sangat indah. Penulis disini akhirnya dapat merasa sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah strategi pemsaran sebagai tugas mata kuliah Ekonomi Manajerial sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir Semester. Dalam makalah ini, dijelaskan mengenai Kinerja Manajerial dan Penilaian Kinerja Manajerial. Dan penulis memahami jika makalah ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuh

EKONOMETRIKA

NAMA   : CINDI NOVIAN NIM       : 2015020123 FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA 2018 Judul penelitian ANALISIS KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO AVISTA FASHION SOLO Permasalahan 1.     Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. 2.     Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. 3.     Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. 4.     Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian Model Y = a+b x1 +b x2 +b x3 +e Data penelitian Jenis Data Sumber Data Teknik Penarikan Data Data Kuantitatif X 1 = Data Ordinal X 2 = Data Ordinal X 3 = Data Ordinal Sumber data primer dan sekunder Teknik penarikan data dengan kuesioner dan juga studi pustaka. k erangka berpikir